5 Keuntungan Bermain Game di Monitor 144Hz

Banyak dari pabrikan perangkat display menyajikan monitor-monitor gaming dengan refresh rate tinggi ke pasaran. Namun, tidak hanya monitor dengan refresh rate tinggi saja yang muncul, monitor dengan resolusi tinggi pun juga muncul, seperti yang mengusung resolusi 4K. Hal ini membuat gamer terkadang bingung, harus memilih refresh rate tinggi atau resolusi tinggi.


5 Keuntungan Bermain Game di Monitor 144Hz
60HZ VS 144HZ

Dilema ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Kedua jenis monitor itu memang akan menawarkan kelebihan tersendiri, tetapi salah satunya akan lebih cocok untuk gamer, terutama untuk yang gemar memainkan game multiplayer kompetitif, yaitu yang hadir dengan refresh rate tinggi.

Monitor dengan refresh rate tinggi, seperti 144 Hz, akan menawarkan tampilan pergerakan yang lebih baik bila dibandingkan monitor standar, yang hanya menawarkan refresh rate 60 Hz.

Peningkatan pengalaman yang didapatkan seharusnya tidak bersifat kosmetik belaka, seperti yang ditawarkan monitor resolusi tinggi, tetapi akan berimbas ke performa gaming penggunanya.

Berikut ini 5 kelebihan monitor dengan refresh rate tinggi saat digunakan untuk gaming.

  1. Monitor dengan refresh rate tinggi memungkinkan Anda mendapatkan pergerakan yang lebih smooth, tidak hanya di dalam game, tetapi juga di tampilan desktop. Pergerakan yang dimaksud di sini termasuk transisi animasi yang ditampilkan oleh monitor. Hal ini berarti pengguna akan mendapatkan pergerakan yang terlihat lebih hidup dan tentunya membuat kenyamanan meningkat.
  2. Bukan hanya tampilan pergerakan lebih smooth saja, monitor 144 Hz+ juga memungkinkan Anda bisa memberikan respon input yang lebih baik dan akurat. Hal ini khususnya akan sangat terasa dari input mouse Anda saat Anda bermain game-game yang membutuhkan respon yang baik dan akurat seperti game bergenre first person shooter seperti BattleField 1, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) dan Overwatch, serta RTS/MOBA seperti DOTA 2, yang menuntut Anda memberikan respon yang baik dan akurat untuk mendukung pengalaman terbaik saat memainkannya.
  3. Tak hanya mendapatkan pergerakan yang terasa lebih smooth, kemungkinan Anda menjumpai gejala tearing dan stuttering akan berkurang. Hal ini disebabkan monitor dengan refresh rate 144 Hz ke atas dapat melakukan scene transition lebih cepat dan lebih mulus ketimbang monitor 60 Hz. Jadi, dengan hilangnya gejala tearing dan stuttering, Anda dapat bermain game dengan nyaman, bebas dari gangguan tearing dan stuttering yang mengurangi kenikmatan saat bermain game. Apalagi, saat ini monitor gaming yang ada umumnya juga sudah dibekali teknologi adaptive-sync seperti AMD Free-Sync dan NVIDIA G-Sync yang mana akan memastikan hilangnya efek tearing dan stuttering ini.
  4. Pengalaman bermain game yang lebih maksimal, Dengan monitor berbekal teknologi AMD Freesync 144Hz, kita merasakan pengalaman yang lebih baik, yang disebabkan karena tampilan yang lebih smooth dan pergerakan kursor yang lebih presisi membuat anda mendapatkan pengalaman terbaik saat memainkan game-game tersebut. Patut diakui, monitor dengan refresh rate 144 Hz seperti ini memang didesain untuk menghadirkan pengalaman terbaik saat memainkan game.
  5. Monitor gaming yang menawarkan refresh rate 144 Hz akan membawa keuntungan kompetitif di game-game online/online multiplayer. Kontrol gerakan di game-game tersebut akan membaik karena Anda bisa memberikan respon yang cepat, tepat, dan akurat sementara monitor akan menampilkan gerakan yang smooth. Hal ini akan membawa pengalaman yang sangat baik untuk gamer kompetitif.


Melihat hal-hal di atas, monitor gaming dengan panel ber-refresh rate tinggi, 144 Hz+akan membawa keuntungan tersendiri untuk seorang gamer, terlebih gamer kompetitif. Game bisa dinikmati dengan lebih baik karena gerakan yang ditampilkan benar-benar smooth, dan menunjukkan kemampuan PC yang sebenarnya.

Selain kemampuan PC yang sebenarnya, kemampuan seorang gamer pun dapat dikeluarkan penuh, tidak terbatasi oleh refresh rate rendah yang bisa jadi akan membuat respon menjadi kurang cepat, tidak tepat, dan tidak akurat. Bayangkan jika peluang Anda memenangkan suatu pertandingan, terlebih untuk turnamen kompetitif, yang memperebutkan hadiah.

Jangan sampai monitor menghambat Anda unjuk kemampuan karena refresh rate yang ditawarkan tidak bisa mengimbangi kemampuan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Keuntungan Bermain Game di Monitor 144Hz"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel