Asus Geforce GTX 1060 OC 9Gbps

Salah satu langkah NVIDIA untuk menandingi kehadiran jajaran graphic card dari Radeon RX 500 Series khususnya Radeon RX 580 dan RX 570 adalah dengan menghadirkan versi update dari GeForce GTX 1060, yaitu GTX 1060 6GB 9Gbps.

Sesuai dengan nama yang diusungnya, update ini hanya melakukan peningkatan pada kecepatan VRAM. Jika sebelumnya berada di angka 8 Gbps ditingkatkan menjadi 9 Gbps. Lalu apa yang ditawarkan NVIDIA dengan peningkatan kecepatan VRAM ini dan seperti apa peningkatan performa yang ditawarkan.

Asus Geforce GTX 1060 OC 9Gbps
Asus Geforce GTX 1060 OC 9Gbps

Graphic card buatan ASUS ini dapat berjalan pada base clock 1.595 MHz dengan boost mencapai 1.810 MHz. ASUS hanya meningkatkan clock GPU-nya saja dan membiarkan clock memorinya di angka 9000 MHz. Menariknya, meski diklaim Boost Clock-nya hanya mencapai 1.810 MHz, graphic card ini mampu mencapai Boost clock tertinggi di angka 1.987 MHz

Pada OC Mode (Overclocking) graphic card ini memiliki base clock 1.633 MHz dengan boost clock mencapai 1.848 MHz. Di OC Mode ini, ASUS tak hanya meningkatkan kecepatan GPU clock-nya saja, namun juga meningkatkan kecepatan clock memorinya 100 MHz ke angka 9.100 MHz.
meski diklaim Boost Clock-nya hanya mencapai 1.848 MHz, graphic card ini mampu mencapai Boost clock tertinggi di angka 2.025 MHz.

Untuk urusan konsumsi daya, ASUS GeForce GTX 1060 6GB OC 9Gbps yang datang dengan spesifikasi pre-overclock dari pabrikan hanya mengkonsumsi daya listrik sedikit lebih tinggi dari GeForce GTX 1060 6GB Founders Edition. Menariknya, konsumsi daya pada mode gaming di graphic card ini mengonsumsi daya sedikit lebih tinggi ketimbang saat Anda menggunakan motherboard dengan mode OC. Mungkin pada saat berjalan di OC Mode, listrik yang digunakan oleh graphic card ini lebih optimal ketimbang Gaming Mode.

Dari segi performa, langkah yang diambil NVIDIA untuk melakukan update pada lini GTX 1060 6GB dengan meningkatkan kecepatan memorinya seperti menjadi suatu langkah yang tepat. Dari segi performa, peningkatan performa yang ditawarkan cukup menjanjikan. Bahkan dengan update yang dilakukan ini tak banyak mempengaruhi konsumsi daya.

Meskipun secara performa masih sedikit di bawah Radeon RX 580 teroverclock, ASUS GeForce GTX 1060 6GB OC 9Gbps tetap menjadi rekomendasi saat anda mencari graphic card berbasis GTX 1060.

Selain performanya yang dapat diandalkan untuk menanggani game AAA, sistem pendingin DirectCU II yang disematkan ASUS juga sangat bisa diandalkan untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama.

Anda juga sangat dimudahkan dengan hadirnya aplikasi GPU Tweak II. Selain bisa Anda gunakan untuk beralih mode penggunaan, Anda juga bisa memantau kerja dari graphic card tersebut. Bahkan Anda yang merasa belum puas dengan performa bawaan ASUS, Anda bisa melakukan beberapa tweak melalui aplikasi ini seperti meningkatkan kecepatan GPU dan memori dari graphic card ini, ataupun bisa menyetting kipas dari graphic card ini secara manual untuk mendapatkan suhu kerja yang lebih optimal.

Sayangnya, Anda harus merogoh kantong cukup dalam untuk mendapatkan graphic card ini karena harganya berada di kisaran Rp. 6.500.000.

Kelebihan.
• Build quality bagus
• Dimensi kompakSistem pendingin bekerja dengan baik
• Output Video lengkap dengan jumlah yang banyak dan ramah untuk Anda pengguna perangkat VR
• Tersedia adapter bagi pengguna setia konektor DVI-D
• Suhu kerja memuaskan di angka 70°CAdanya aplikasi utilitas pendukung
• Sistem pendingin hening
• Performa memuaskan

Kekurangan.
• Desain lama
• Harga cukup tinggi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asus Geforce GTX 1060 OC 9Gbps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel