4 Perbedaan SSD dan HDD

4 Perbedaan SSD dan HDD
SSD VS HDD

Mengenal Jenis Penyimpanan Pada Komputer, HDD DAN SSD.

Komponen komputer  yang satu ini mempunyai dua istilah yaitu HDD ( Hard Disk Drive ) dan SSD ( Solid State Drive ). Komponen ini berfungsi sebagai media penyimpanan pada komputer, layaknya kartu memori pada smartphone.

HDD sendiri sudah ada sejak lama, HDD hadir ketika perangkat komputer diciptakan. Sedangkan SSD merupakan teknologi yang relatif baru dibandingkan dengan HDD. Lalu apa perbedaan dari 2 komponen tersebut

1) Harga.
Perbedaan pertama terletak pada harganya. Perlu anda ketahui pada saat artikel ini dibuat harga HDD dengan kapasitas 1 TB berapa pada kisaran harga 700 ribuan. Sedangkan SSD dengan kapasitas 120 GB atau 128 GB juga berada diharga tersebut.


2) Cara Kerja.
Hard Disk Drive merupakan komponen yang terdiri dari kepingan bulat dan rocker arm, kepingan disk ini berputar dan menggunakan rocker arm untuk menulis data pada kepingan disk dengan menggunakan prinsip magnetik.
Solid State Drive merupakan komponen flash memory, yang penulisan datanya mengandalkan controller chip dan tidak ada komponen bergerak di dalamnya, hal ini membuat kinerja SSD menjadi lebih hening dan tahan lama.


3) Performa.
HDD dan SSD yang menggunakan port SATA III yang memiliki kecepatan hingga 6 Gbps performa keduanya tetap berbeda, HDD yang mengandalkan perputaran kepingan disk, sudah pasti kecepatan baca dan tulisnya ditentukan oleh seberapa cepat kepingan berputar serta seberapa cepat rocker arm bisa menulis atau membaca data tersebut. Rivalnya sendiri menggunakan chip controller sehingga memungkinkan untuk membaca data secara instan, kinerja SSD sendiri ditentukan oleh chip controller di dalamnya, semakin canggih controller chipnya maka semakin baik pula performanya.


4) Daya Tahan.
SSD memiliki sebuah kelemahan yang fatal karena SSD memiliki masa umur pakai. Sebagai gambaran, SSD Sandisk Plus 240GB dan 120GB memiliki ketahanan 75TB sedangkan 1TB dan 500 GB memiliki ketahanan 150TB, ketahanan ini merupakan umur pakai tulis flash memory dalam SSD tersebut, jika pengguna menulis lebih dari 75TB atau 150TB pada SSD tersebut, ketahanan SSD akan berkurang sedikit demi sedikit hingga akhirnya SSD tidak dapat digunakan lagi. SSD akan memiliki waktu pakai yang sangat lama bila hanya digunakan untuk membaca data, sedangkan akan berumur relatif lebih singkat bila digunakan untuk menulis data.
Sedangkan HDD memiliki daya tahan sesuai dengan daya tahan rocker arm, dan motor penggerak disk tersebut. Fatalnya, bila salah satu komponen rusak, maka HDD tersebut tidak dapat digunakan lagi. Secara teori HDD memiliki masa pakai yang jauh lebih lama jika hanya digunakan untuk menulis data.

Performanya yang begitu signifikan, terutama saat komputer digunakan untuk kegiatan-kegiatan ringan seperti browsing atau membuka aplikasi, tentu SSD menjadi pilihan terbaik. Namun kapasitasnya yang kecil merupakan kekurangan yang perlu anda pikirkan ketika memilih menggunakan SSD.

Sebagai alternatif sebaiknya anda gunakan keduanya, SSD digunakan sebagai OS agar proses booting lebih cepat dan waktu akses aplikasi menjadi singkat. Lalu HDD sebagai media penyimpanan data seperti game, video, mp3 dan file unduhan, sehingga tidak membebani batas penulisan SSD sehingga masa pakai SSD menjadi lebih lama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Perbedaan SSD dan HDD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel