6 Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot

Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot

Pernahkah Anda dapati smartphone yang Anda gunakan terlalu lama merespon, tentu saja hal ini membuat Anda jengkel. Ya disaat Anda sangat membutuhkan perangkat gadget tapi Anda dibuatnya lama menunggu dikarenakan smartphone lemot.

Berikut cara mengatasi agar perangkat smartphone android anda tidak lemot:

1) Jangan Install Aplikasi Messaging terlalu banyak.

Ini masalah yang sering kali ditemukan oleh kebanyakan pengguna smartphone, mereka terlalu banyak memasang aplikasi Instant Messaging seperti BBM, Facebook, Whatsapp, Line, dan aplikasi lainnya secara sekaligus, padahal belum tentu semuanya terpakai. Sadar atau tidak, semua aplikasi ini masih akan terus berjalan di background, dan akan menggerogoti RAM Anda setiap waktu. Oleh karena itu, mulai sekarang bijak dan tentukanlah pilihan mana aplikasi yang sekiranya selalu anda gunakan atau tidak, yang harus bertahan, dan mana yang harus ditinggalkan atau tidak dipasang.


2) Hapus Aplikasi yang Jarang dipakai.

Berbeda dengan Instant Messaging, aplikasi yang menumpuk dan jarang dipakai, hanya akan menjadi sampah internal Android Anda. Tentunya hal ini akan membuat Android Anda bekerja lebih keras untuk mempertahankan aplikasi tersebut. Alangkah baiknya jika dihapus saja aplikasi yang jarang dipakai tersebut, agar performa Android lebih terasa optimal. Kamu bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus beberapa aplikasi secara tuntas dan mudah.


3) Jangan Menggunakan Launcher.

Masih berkaitan dengan RAM, tentu kinerja Android akan terasa lebih berat ketika anda harus menggunakan Launcher tambahan. Memang sih, dengan menggunakan Launcher tambahan akan membuat Android terlihat lebih keren, tapi disisi lain hal seperti ini selain membuat Android anda lemot, dapat dengan cepat menguras baterai.


4) Gunakan Selalu Task Killer Manager.

Disebabkan oleh banyaknya Aplikasi yang berjalan di background, maka sepertinya aplikasi sejenis ini sangat wajib di install di Android Anda. Sebut saja Clean Master atau Advanced Task Killer yang menjadi aplikasi Task Kill terpopuler untuk saat ini.


5) Selalu Install dan Pasang Aplikasi Resmi.

Maksudnya aplikasi resmi disini adalah aplikasi yang memang bersumber dari Publisher-nya. Contoh, jika kamu ingin memasang WhatsApp, pastikan file instalasi (APK) itu memang diterbitkan oleh WhatsApp, bukan dari sumber atau hasil modifikasi orang lain, karena bisa jadi ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang bisa merugikan Android kamu.


6) Jangan Root Android jika Tidak Ada Kepentingan.

Ya, Rooting Android memang sudah menjadi kegiatan umum para pengguna Android, tapi Rooting ini juga merupakan hal yang cukup krusial. Kenapa? Karena jika kita tidak terlalu paham tentang Rooting dan apa fungsinya, ini akan menyebabkan hilangnya kestablian Android kamu.

Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan agar smartphone milik anda tidak menjadi lemot.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "6 Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel