7 Tips Utama Merawat Laptop

7 Tips Utama Merawat Laptop
Laptop setelah di bongkar

Di zaman yang serba modern ini, kemajuan teknologi berkembang sangat pesat, ya dahulu sebuah pengkat komputer berukuran sangat besar, sehingga sulit untuk dibawa, namun saat ini perangkat komputer sudah diperkecil ukurannya, mulai dari perangkat komputer mini itx hingga laptop.

Kehadiran laptop ini tentu sangat membantu, hadir dengan ukuran yang pas tentu sangat mudah untuk anda bawa kemanapun anda pergi, namun padatnya aktifitas kadang kala membuat seseorang melupakan hal penting, yaitu merawat laptop tersebut.

Perawatan ini merupakan hal penting yang tidak boleh anda sepelekan, jika hal ini terus berlanjut tentu akan mempengaruhi masa pakai dari laptop tersebut.

Berikut hal yang harus anda lakukan agar laptop memiliki masa pakai yang lama:

1) Gunakan Laptop dengan Hati-hati.

Laptop merupakan perangkat yang sangat rapuh, oleh karena itu selalu berhati-hatilah saat menggunakannya atau membawanya pergi agar tidak terjatuh, terbentur, atau bahkan tersiram cairan.

2) Bersihkan Laptop secara Rutin.

Debu bisa dibilang menjadi musuh terbesar untuk laptop. Pada PC, ruangan udara masih sangat lebar sehingga debu masih dapat diatasi, tapi tidak pada Laptop yang memiliki aliran udara terbatas. Debu yang menumpuk pada kipas laptop akan sangat mempengaruhi performa laptop. Jadi disarankan untuk secara rutin membersihkan bagian dalam laptop. Sesuaikan dengan penggunaan harian, bila memang digunakan di kantor yang relatif terjaga kualitas udaranya mungkin 1 tahun sekali cukup. Tapi jika sering digunakan di daerah terbuka tentu harus lebih sering dibersihkan.

3) Menjaga Suhu Laptop.

Pada dasarnya laptop didesain agar bisa lebih mudah dibawa ke mana saja. Tapi seiring berjalannya waktu, tidak sedikit orang yang memanfaatkan laptop sebagai komputer utama mereka mulai dari bermain game berat hingga melakukan editing video. Untuk menjaga komponen pada suhu optimalnya, disarankan agar menggunakan alat bantu tambahan seperti cooling pad.

4) Gunakan laptop pada permukaan yang datar.

Laptop merupakan perangkat komputer yang digunakan dimanapun anda berada, inilah yang membuat laptop selalu diminati banyak orang. Namun ada beberapa laptop yang didesain tanpa disertakan kipas ( passive cooling ) seperti pada Macbook Air.
Sirkulasi udara pada laptop ini berada di bawah laptop, sehingga jika anda menggunakan laptop pada permukaan yang tidak datar, sebut saja pada kasur tentu hal ini akan menutup aliran udara yang mengakibatkan laptop semakin panas.

5) Jangan Menaruh Barang Berat Diatas Laptop.

Laptop didesain untuk melakukan pekerjaan, bukan sebagai alas buku atau bahkan dijadikan sebagai alas tidur. Bila sekedar buku tulis mungkin laptop masih bisa bertahan, tapi bila menaruh benda yang berat komponen layar akan tertekan ke daerah keyboard dan berpotensi merusak layar.

6) Menjauhkan Minuman/Cairan Dari Laptop.

Barang elektronik dan cairan adalah dua hal yang susah dipertemukan dalam waktu dekat. Menjauhkan segala bentuk cairan dari laptop adalah tindakan yang tepat. Ada beberapa merek yang menawarkan fitur spill resistant, tapi biasanya terbatas pada daerah keyboard. Tentu mencegah tetap lebih baik dibanding mengobati.

7) Hindari Mengunakan Laptop sampai Baterai Habis.

Semua perangkat yang menggunakan baterai tidak disarankan untuk digunakan sampai habis karena sel baterai bisa mati yang berakibat mengurangi kapasitas awal baterai. Isi baterai saat mendekati 20% dan biasakan isi penuh agar semua sel baterai tetap aktif.

Itulah beberapa tips merawat laptop agar dapat anda dalam jangka waktu yang lama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Tips Utama Merawat Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel