Cara Meningkatkan Performa Komputer & Laptop Gaming

Cara Meningkatkan Performa Laptop Gaming

Bermain game merupakan alternatif terbaik untuk menghilangkan penat dan mood yang kurang baik, namun apa jadinya jika disaat anda bermain game, komputer atau laptop menimbulkan masalah, visual yang patah-patah dan lebih parahnya komputer menampilkan layar yang terhenti atau frezee.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja sebuah komputer ataupun laptop.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips untuk meningkat Performa Komputer atau Laptop Gaming, agar semakin nyaman saat memainkan game favorit.

1) Perbarui Driver VGA.

Ada 2 GPU yang paling banyak digunakan yaitu Nvidia GeForce, dan AMD Radeon, Periksa jenis driver yang digunakan, Perbaruan driver seringkali meningkatkan performa kartu graphic.

2) Optimalkan Software.

  • Matikan program yang jarang digunakan kecuali program anti virus, sehingga tidak membebani Processor dan Ram.
  • Menggunakan software MSI Afterburner untuk mengatur kecepatan kipas CPU dan GPU menjadi 100% agar komponen selalu dingin dan memberikan 100% performanya setiap saat.

3) Sett Pengaturan game Sesuai Spek Hardware.

Pengaturan game yang sesuai akan memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan. Jangan paksakan opsi high jika VGA Anda tidak dapat menanganinya, karena hal ini akan menimbulkan visual yang kurang memuaskan.

4) High-Performance Power Plan.

Fitur ini hanya tersedia pada laptop, pada mode Power Safe, biasanya sistem akan mengurangi kecepatan processor dan menggunakan iGPU yang relatif lebih hemat daya. Sedangkan pada mode HighPerformance, sistem akan memberikan 100% performa processor dan iGPU. Opsi ini dapat Anda atur dengan klik start, lalu ketik “Power Plan” lalu pilih “Choose a Power Plan”. Anda tinggal pilih kebutuhan seperti “Power Saver” dan “High Performance”.

5) Atur Komputer agar “Best Performance”

Anda bisa mematikan semua efek animasi agar komputer menjadi lebih responsif. Klik Start dan ketik “System Settings” pilih “View Advance System Setting”. Pada bagian “Performance” klik Settings”, pilih “Adjust for best perfromance” dan klik OK. Maka performa Komputer keseluruhan akan meningkat.

6) Perawatan

Perawatan merupakan hal penting agar perangkat Komputer selalu berada dalam kondisi optimal. Bersihkan debu dari sistem sehingga aliran udara bisa mendinginkan komponen di dalamnya dengan baik. Maintenence HDD dengan melakukan Defragment dan Optimisasi SSD secara berkala, dan pilihlah casing yang memiliki dust filter agar debu dapat dibersihkan dengan mudah.

7) Upgrade Hardware

  • Upgrade Graphic Card akan mengubah keseluruhan performa visual secara signifikan.
  • Menggunakan RAM dual-channel juga akan membantu meningkatkan performa sistem.
  • Menggunakan SSD sebagai sistem OS.
  • Menggunakan HDD sebagai media penyimpanan.

Itulah beberapa tips Meningkatkan Performa Komputer & Laptop Gaming, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Meningkatkan Performa Komputer & Laptop Gaming"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel