Tips Merawat Komputer

Banyaknya hal menarik yang dapat anda jumpai saat menggunakan komputer, terutama saat anda sedang mengakses jejaring sosial, bermain game ataupun editing multimedia.

Tips Merawat Komputer

Tanpa anda sadari keasyikan inilah yang membuat fokus anda hanya tertuju pada aktifitas tersebut sehingga membuat anda lupa untuk merawatnya.
Padahal merawat komputer merupakan kewajiban yang penting sehingga komputer anda menjadi awet penggunaannya, beberapa tips ini mungkin dapat membantu anda untuk melakukan perawatan pada komputer.

1) Menjaga Suhu komputer.

Buatlah sirkulasi udara yang baik pada komputer agar suhu pada komponen tetap terjaga, anda dapat menggunakan pendinginan udara atau pendinginan cairan.
Pendinginan udara memiliki kelebihan saat instalasi dan perawatannya. Sedangkan Pendinginan air memiliki kapasitas menyerap panas yang relatif lebih tinggi.

2) Menjaga Kebersihan PC.

Debu yang menempel dan menumpuk tentu membuat sirkulasi udara menjadi tidak baik dan membuat komponen cepat panas. Debu tersebut masuk melalui ventilasi atau rongga kecil yang terdapat pada casing. Lakukan pembersihan pada bagian dalam komputer minimal 2 bulan sekali, anda dapat menggunakan kuas halus untuk membersihkan debu tersebut.

3) Gunakan UPS Stabilizer.

Fungsi UPS itu sendiri adalah untuk menyuplai daya saat listrik padam secara tiba - tiba. Listrik yang tidak stabil merupakan penyebab terbesar komputer mudah rusak, oleh karena itu gunakan UPS yang memiliki fitur AVR agar listrik menjadi stabil.

4) Matikan Komputer Saat Hujan Deras.

Dengan mematikan komputer dan jaringan Internet di saat hujan deras, adalah hal yang tepat untuk menghindari kemungkinan petir yang menyambar Instalasi Listrik yang terhubung dengan komputer.

Itulah beberapa tips yang perlu anda terapkan agar komputer menjadi tahan lama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Merawat Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel