Mengenal Apa Itu Android System WebView Dan Fungsinya

fungsi aplikasi tampilan web sistem android
Android System WebView

Di setiap Perangkat berbasis Android pasti telah ter-instal Android System Webview. Mungkin Anda tidak akan melihatnya di deretan aplikasi, tapi Anda akan selalu diminta untuk mengupdate aplikasi yang satu ini di playstore.

Android System Webview update.

aplikasi yang satu ini harus selalu Anda update. Lalu apa sebenarnya fungsi dari Android System Webview itu dan kenapa selalu minta di update? Lalu apa yang terjadi apabila kita tidak memperbaharui aplikasi system yang satu ini?

Android WebView adalah komponen sistem yang sepenuhnya didukung oleh Chrome agar memungkinkan aplikasi Android menampilkan konten web. Komponen ini telah terinstal di perangkat Android Anda dan harus selalu diperbarui untuk memastikan Anda memiliki pembaruan keamanan terbaru dan perbaikan bug lainnya.

Dari quote diatas dapat diartikan bahwa android system webview berfungsi agar setiap aplikasi Android dapat menampilkan konten web secara langsung di Aplikasi terkait tanpa harus membuka browser eksternal seperti Chrome atau Samsung Internet Browser. Sebagai contoh saat Anda membuka sebuah berita terbaru di Viva atau Line Today secara otomatis berita tersebut akan tampil di aplikasi Viva bukan di browser Chrome atau Samsung Internet Browser. Jadi perangkat Android secara otomatis memuat konten web tanpa harus menjalankan aplikasi terpisah, singkatnya, Fungsi dari Android System Webview ialah menampilkan konten web secara langsung dari aplikasi pihak ke-3 yang menggunakan aplikasi terkait itu sendiri tanpa harus membuka aplikasi browser tambahan terlebih dahulu.

Cara menggunakan android system webview.

Dengan adanya Android System Webview tentu sangat mempermudah Pengguna untuk melihat sebuah tampilan web langsung di aplikasi yang sedang digunakan baik itu WhatsUp, Facebook, Line, dan BBM tanpa harus menggunakan browser tambahan. Jadi secara tidak langsung dengan adanya android system webview ini maka kinerja Smartphone akan menjadi semakin cepat dan stabil karena tidak terlalu banyak aplikasi yang harus dijalankan secara bersamaan.

Jika android system webview dihapus

Sebagai gambaran bila tidak ada Android System Webview, maka setiap kali Pengguna akan membuka berita di Line Today atau Facebook maka harus membuka berita tersebut pada browser terpisah, tentu semakin banyak aplikasi yang harus dijalankan secara bersama-sama akan menyebabkan Android lemot.

Jadi intinya Android system webview mempermudah Pengguna dengan memberikan kenyamanan ketika menjalankan sebuah aplikasi tanpa harus bolak balik beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain hanya karena ingin membuka sebuah tampilan web.

Untuk itu, pastikan Android System WebView pada Smartphone selalu Anda update supaya tidak merepotkan penggunaannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Mengenal Apa Itu Android System WebView Dan Fungsinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel