Pengertian Graphic Card Dan Fungsinya Secara Umum

Pengertian Graphic Card Dan Fungsinya Secara Umum
Graphic Card Second

Pengertian VGA atau Video Graphics Array (graphic card) adalah sebuah komponen perangkat keras dengan konektor VGA 15-pin yang memiliki fungsi mengolah dan menerjemahkan data visual komputer ke layar monitor.

Berikut ini adalah beberapa tipe VGA Card yang pernah dibuat dan dipasarkan:

1. Intel HD.
2. NVIDIA NV3, NV4 dan GEFORCE Series.
3. ATI Rage 3D dan Radeon Series.

Seiring berjalannya waktu, pengolahan grafis pada Kartu VGA mengalami perkembangan yaitu sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset, yaitu chipset masa kini di mana sudah memasukkan kemampuan akselerasi 3 dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya.

Selain kartu VGA, sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang memiliki fungsi untuk mengolah dan menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna. Akselerator 3D ini mampu melakukan manipulasi-manipulasi grafis 3D yang lebih kompleks dan lebih sempurna, contohnya, saat Anda bermain game-game terbaru ditahun 2016-2017 yang mampu menampilkan visual yang jauh lebih realistis, sehingga dapat memberikan kesan yang sangat nyata.

Permintaan VGA Card terintegrasi mulai berkembang pesat, ketika kebutuhan user terhadap visual 3D, baik itu desain grafis maupun gaming semakin meningkat. Hal ini kemudian akhirnya memunculkan banyak sekali generasi dari VGA Card hingga pada saat ini.

Fungsi VGA Card.
Fungsi VGA atau Graphic Card adalah untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan visual pada layar monitor. Adapter ataupun konektor lainnya pada Kartu VGA berguna untuk mentransfer data visual yang telah diolah komputer ke layar monitor sehingga monitor dapat menampilkan data visual tersebut, yakni berupa gambar dan animasi visual lainnya.

Tempat melekatnya kartu grafis pada motherboard disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, S3, ATI Radeon, Trident, dan sebagainya.

Pada dasarnya VGA Card terbagi menjadi 2 jenis. Berikut ini adalah kedua jenis dari VGA Card:

1. VGA On-Board.
Sesuai dengan namanya, VGA Onboard berarti chipset VGA yang digunakan menjadi satu dengan Prosessor. Contohnya chip Intel HD2000 pada Prosessor Cori i5 2400, VGA on board bekerja dengan memanfaatkan memory komputer anda, yaitu RAM.

Penggunaan VGA On-Board.
Secara umum VGA Onboard digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah, dimana kebutuhan akan VGA dan visual 3D bukan merupakan kebutuhan utama.

Biasanya komputer dengan VGA on-board banyak ditemui pada:
  • Komputer Office.
  • Komputer Kasir.

Keunggulan VGA On-Board.
  • Perawatan mudah.
  • Harga lebih murah.
  • Lebih dari cukup untuk kebutuhan komputer standar sehari-hari.

Kelemahan dari VGA On-Board.
  • Lemah dalam menangani graphic berkualitas tinggi.
  • Tidak support dengan game beresolusi tinggi dan modern.
  • Terkadang sering mengalami gejala tearing dan stutering disaat memutar video beresolusi tinggi.


2. VGA Add-On/Terintegrasi.
Jenis VGA ini lebih dikenal dengan istilah VGA Super/Monster. VGA Add-On ini dapat Anda sesuaikan sendiri, sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap hasil visual yang Anda inginkan. Semakin tinggi spesifikasi dari VGA Add-On ini maka akan semakin mahal harganya, contoh, Nvidia GTX 1080ti yang merupakan seri VGA tertinggi saat ini.

VGA jenis ini membutuhkan slot expansi dalam pemasangannya, slot soket ini banyak dijumpai pada motherboard yang terdapat dipasaran saat ini.

VGA Add-On ini dapat bekerja sendiri tanpa harus mengandalkan kemampuan dari RAM, hal ini dikarenakan VGA Add-On telah memiliki clock memory, sehingga kinerja dari VGA Add-on tidak lagi bergantung pada RAM komputer.

Jika pada suatu komputer terdapat VGA Add-On ini dengan menggunakan spesifikasi komputer yang cukup baik bahkan lebih tinggi ( Spesifikasi SULTAN), VGA Add-On ini akan bekerja lebih maksimal dan lebih powerfull.

VGA Add-On ini biasa banyak ditemui pada:
  • Komputer atau Laptop High end.
  • Komputer Gaming.
  • Komputer Design atau Editing.

Keunggulan dari VGA Add-On.
  • Memiliki sistem pendingin terpisah, sehingga suhu lebih efesien.
  • Mampu meng-handle tampilan grafis 3D, serta game-game berat masa kini.
  • Bisa diupgrade dan downgrade dengan menggantinya saja.
  • Sanggup digunakan untuk memutar film dengan kualitas HD, Ultra HD hingga 4K.
  • Tampilan display lebih lembut, realistis dan lebih tajam.


Kelemahan VGA add-On.
  • Harganya relative mahal.
  • Membutuhkan komsumsi listrik tambahan.


Pilih VGA yang Mana?
Apabila Anda ingin membeli sebuah kartu grafis ataupun ingin merakit komputer anda sendiri, maka Anda tidak perlu bingung untuk memilih tipe atau jenis VGA yang akan Anda gunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih VGA untuk komputer anda :
  • Tujuan dari komputer anda, apabila ditujukan untuk gaming dan keperluan Editing dan Design 3D maka pilihlah VGA Add-On, tetapi apabila hanya dibutuhkan untuk kepeluan office harian saja, maka bisa menggunakan VGA On-Board.
  • Semakin tinggi kualitas VGA, maka akan semakin memakan daya listrik. Karena itu sesuaikan juga kebutuhan VGA anda dengan daya listrik di dalam rumah atau kantor anda.
  • Carilah VGA Card dengan kecepatan core memory yang tinggi.
  • Carilah VGA Card yang memiliki konektor Pci-e sesuai dengan Power Suplay Anda, maksudnya jika VGA Card membutuhkan slot Pcie ×8 sementara Power Suplay Anda hanya edia slot Pcie ×6.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Pengertian Graphic Card Dan Fungsinya Secara Umum"

  1. Untuk sekarang vga onboard atau konsol merupakan alternatif terbaik saat ini, mengingat harga vga add on setinggi langit

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel