11 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merakit Komputer

11 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merakit Komputer
Komponen Komputer

Dewasa ini banyak pecinta PC atau Overclocker lebih memilih untuk merakit komputer mereka sendiri daripada membeli sebuah komputer Build Up dari pabrikan. Alasan mereka memilih untuk merakit komputernya sendiri yaitu mahalnya sebuah komputer Build Up. Dengan kata lain direntang harga yang sama maka akan didapatkan sebuah Komputer rakitan sendiri yang memiliki performa lebih mumpuni ketimbang komputer Build Up.

Namun Anda tidak bisa sembarangan dalam merakit sebuah komputer, bisa saja komponen yang telah Anda beli tidak cocok dengan komponen lainnya, misalkan Anda telah membeli prosesor core i5 2400 lga 1155, namun motherboard yang akan Anda sandingkan dengan prosesor tersebut dari seri lga 1150, tentu kedua komponen ini tidak cocok karena bukan pasangannya, dan Komputer yang akan Anda rakit tentu tidak akan hidup.

Oleh karena itu Panduan Meta akan membagikan cara dan panduan untuk Anda yang ingin mencoba merakit Komputer Anda sendiri, Hal terpenting dalam merakit pc adalah tentang informasi komponen yang akan Anda kumpulkan. Bila Anda sudah memiliki informasi tentang komponen-komponen penting sebuah komputer dan mengetahui beberapa update harga saat ini, tentu Anda dapat mengetahui komponen apa saja yang akan dirakit pada suatu sistem komputer dan menetapkan spesifikasi komputer yang akan Anda rakit dan menyediakan budget untuk membeli komponen tersebut.

Yang harus diperhatikan saat merakit komputer atau pc.

1. Tentukan tujuan Anda merakit komputer.
Hal ini dimaksudkan agar uang yang akan Anda belanjakan tidak akan terbuang percuma, misalkan Anda memiliki budget 5 juta dan akan Anda habiskan untuk merakit sebuah komputer yang penggunaannya hanya untuk berinternetan dan tugas ringan lainnya. Jika hal ini terjadi, maka uang yang Anda keluarkan akan terbuang percuma. Karena dengan uang 3 juta saja Anda sudah dapat membeli sebuah komputer build up dengan spesifikasi tersebut.

2. Jenis Komputer berdasarkan spesifikasinya:
  1. Komputer Gaming
  2. Komputer Design dan Editing
  3. Komputer Office
  4. Komputer High end
  5. Komputer Overclock
  6. Komputer Mining
Sebagai contoh disini Panduan Meta akan merakit sebuah komputer gaming.

3. Menentukan budget yang akan Anda gunakan.
untuk merakit sebuah komputer, misal rakit pc gaming budget 10 juta, merakit pc gaming 3 juta, dan rakit pc gaming 5 juta.

4. Membuat daftar list.
Hal ini dapat mempermudah Anda dalam menentukan Hardware yang akan Anda beli sehingga tidak ada satupun komponen yang Anda lupakan dan menghindarkan Anda dari overbudget.

Berikut daftar komponen yang harus ada untuk merakit pc:
  • Prosesor
  • Motherboard
  • Graphic Card atau Vga
  • Ram
  • Hardisk
  • Power suplay
  • Optical drive
  • Casing
  • Keyboard dan mouse
  • Layar Monitor
  • Speaker/Headset
Setelah daftar list tersebut terbuat maka selanjutnya adalah menentukan brand dan spesifikasi pada komponen-komponen tersebut.


Komponen yang diperlukan untuk merakit pc gaming:

1. Prosesor.
Untuk kebutuhan game saat ini, prosesor dengan 4 inti core sudah sangat cukup dikarenakan kebutuhan game lebih difokuskan kepada Graphic card. jadi pilihan jatuh kepada Core i5 2400.


2. Motherboard.

Untuk motherboard bisa menggunakan seri gaming atau standar, asalkan sesuai dengan prosesor dan jenis ram yang akan digunakan. Namun pilihlah motherboard yang memiliki sistem durabiliti tinggi agar motherboard awet dan tahan lama. Anda dapat melirik motherboard Gigabyte GA-H61M-S2P R3.


3. VGA/Graphic Card.

Ini adalah komponen utama dalam merakit sebuah komputer gaming. Jadi pilihlah kartu vga terbaik yang mampu Anda dapatkan, namun saat ini mungkin Anda akan terhambat karena semua seri dan varian kartu grafis mengalami kelangkaan dan jika pun ada harganya sangat mahal, jadi untuk sementara ini membeli vga bekas atau second merupakan alternatif terbaik, namun jika Anda menginginkan kartu grafis yang benar-benar baru, anda dapat melirik Sapphire Pulse Radeon RX 560 2GD5.


4. Ram atau memory.

Untuk RAM pilihlah sesuai dengan dukungan pada motherboard Gigabyte GA-H61M-S2P R3 yaitu ddr3, ada 2 kecepatan yang dapat Anda pilih yaitu PC10600/1333 dan PC12800/1600. Anda dapat menggunakan single channel atau dual channel. Anda dapat melirik GEIL DDR3 EVO VELOCE PC12800 Single Channel 4GB (1x4GB) untuk ram single channel dan GEIL DDR3 EVO VELOCE PC12800 Dual Channel 4GB (2x2GB) untuk ram dual channel.


5. Hardisk/HDD.

Agar game yang Anda mainkan nanti dapat berjalan optimal sebaiknya pilihlah hardisk dengan kemampuan yang tinggi dalam mengolah data. Karena game-game masa kini memiliki ukuran jumbo, maka pilihlah hardisk yang memiliki ukuran minimal 500 GB atau 1 TB. Sebenarnya pilihan terbaik jatuh pada SSD, tetapi karena harganya yang mahal sebaiknya gunakan HDD saja, namun jika Anda memiliki dana lebih, Anda dapat menggunakan SSD sebagai media penyimpanan, untuk hardisk Anda dapat melirik WDC Blue 1TB SATA3 64MB atau WDC SATA II Caviar Black 1 TB 64Mb jika Anda memiliki budget lebih. Baca juga perbedaan SSD dan HDD.


6. Power Suplay.

PSU merupakan komponen penting pada komputer, tanpa PSU komputer yang akan Anda rakit tidak akan hidup, jadi PSU dapat diibaratkan sebagai bahan bakar sebuah komputer. Jadi pilihlah PSU pure power dan memiliki sertifikat agar listrik lebih stabil. Anda dapat melirik Seasonic ECO Series 430W-80+ Bronze Certified.


7. Optical drive.

Komponen yang satu ini berfungsi untuk menginstal sistem operasi yang akan Anda gunakan, misalkan Window 7, penginstalan CD Driver dll. Anda dapat melirik Asus External DVD RW SDRW 08D2S U LITE.


8. Casing.

Casing gaming yang baik harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan memiliki Dust Filter agar debu mudah dibersihkan, serta memiliki PSU Cover. Pilihlah Case yang memiliki fitur Kabel manajemen agar Anda dapat merapikan kabel-kabel didalamnya. Anda dapat melirik Case VenomRX Squadron FR Blue/Red, Case ini juga telah memiliki tempered glass full window, yang akan membuat penampilan komputer Anda semakin keren dan elegan.


9. Keyboard dan Mouse.

Pilihlah keyboard dan mouse sesuai dengan selera Anda, dan yang terpenting nyaman saat digunakan. Anda juga dapat menggunakan Joystick.


10. Layar monitor.

Layar monitor merupakan opsi penting dalam membangun sebuah Komputer Gaming. Percuma saja jika Anda merakit Komputer Gaming namun visual yang anda nikmati kurang memuaskan dikarenakan layar monitor yang Anda gunakan masih seadanya, pilihlah layar monitor yang memiliki refresh rate 60hz atau 144 hz jika Anda memiliki budget lebih. Dan minimal memiliki ukuran 22" atau 24" yang mendukung resolusi full hd. Anda dapat melirik LG 22" LED 22MP68VQ - IPS Panel.


11. Audio.

Untuk urusan audio Anda dapat menggunakan speker atau handset, jadi sesuaikan dengan selera Anda.

Selanjutnya silahkan Anda cari toko Offline atau toko Online yang menyediakan komponen-komponen tersebut, sebaiknya lakukan survey harga terlebih dahulu dengan membandingkan harga pada toko A dengan toko B agar didapatkan komponen dengan harga terendah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "11 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merakit Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel