Cara Cerdas Menghemat Biaya Tagihan Listrik

Dengan semakin mahalnya tarif dasar listrik, baik itu 900 watt ataupun 1300 watt, maka Anda pasti akan selalu berusaha untuk menghemat tagihan listrik di rumah. Hal ini Anda lakukan untuk menekan pengeluaran biaya bulanan, terlebih lagi jika Anda memiliki penghasilan yang tidak menentu. Dalam menghemat penggunaan listrik, Anda mungkin akan berusaha untuk mengurangi penggunaan alat-alat elektronik yang biasanya Anda gunakan. Selain dengan cara tersebut, masih banyak hal lain yang bisa Anda gunakan.


cara menghemat biaya tagihan listrik di rumah

Dengan menghemat penggunaan listrik Anda tidak hanya akan menghemat tagihan, tapi juga akan menyelamatkan bumi dari kerusakan.

Berikut ini cara cerdas menghemat biaya tagihan listrik prabayar dan pasca bayar:


Menggunakan Neon Sebagai Pengganti Lampu Pijar

Lampu pijar memang memiliki nyala yang lebih terang namun konsumsi listrik lampu jenis ini lebih banyak. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai mengganti penggunaan lampu pijar dengan lampu neon pada beberapa tempat yang tidak memerlukan pencahayaan lebih seperti teras, kamar mandi serta ruangan lainnya. Sedangkan lampu pijar bisa Anda gunakan di ruang tamu, dapur, kamar tidur dan ruang makan. Jangan lupa mematikan lampu saat sudah tidak digunakan.


Penempatan Kulkas

Semakin dekat kulkas dengan dinding, maka kulkas juga akan lebih sering melakukan pendinginan. Padahal proses pendinginan membutuhkan daya listrik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meletakkan kulkas dengan jarak 15 menit dari dinding. Selain itu, jangan terlalu sering membuka pintu kulkas karena hal tersebut juga membutuhkan daya listrik.


Menurunkan Suhu AC

Untuk cara menghemat tagihan listrik AC, ada baiknya Anda mulai menurunkan suhu AC di ruangan Anda. Menurunkan AC sebanyak 1 derajat dapat menurunkan tagihan listrik hingga 10 persen dalam setahun. Jika Anda sudah keluar dari ruangan, sebaiknya Anda mematikan AC untuk menghemat.


Mematikan Peralatan yang Sudah Tidak Digunakan

Jika Anda sudah selesai menggunakan televisi, PC atau laptop, sebaiknya Anda langsung mematikan atau bahkan mencabut kabelnya. Hal ini akan membantu untuk menghemat penggunaan energi listrik. Menggunakan fitur standby tidak akan terlalu menolong karena fitur ini masih menggunakan sekitar 70 persen listrik ketika dinyalakan. Untuk PC atau laptop, Anda bisa menggunakan fitur hibernate. Fitur ini akan mematikan perangkat tanpa mengganggu pekerjaan Anda dan tentu saja menghemat lebih banyak listrik.


Jangan Menyetrika Sedikit Sedikit

Proses pemanasan setrika memerlukan daya listrik yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menumpuk pakaian hingga cukup banyak lalu kemudian Anda setrika. Cara ini akan membuat Anda lebih banyak berhemat.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

0 Response to "Cara Cerdas Menghemat Biaya Tagihan Listrik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel