Tips Menjalankan Diet Seimbang

Banyak wanita yang menginginkan tubuhnya indah, seksi, ramping, dan menawan. Berbagai upaya dilakukan agar tubuh ideal tersebut menjadi kenyataan. Diet seimbang menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan agar bisa memperoleh tubuh yang ramping.

Diet Seimbang


Perilaku melakukan diet yang seperti itu kini sudah menjadi hal yang lazim dilakukan, khususnya wanita dan terutama terjadi di berbagai kota besar. Tidak hanya di dunia, keinginan untuk melakukan diet seimbang pun telah merambah Indonesia.

Pola kehidupan yang sangat tidak bagus sekarang ini, seperti pekerjaan kantoran yang mengharuskan duduk berjam-jam dan biasanya ditemani berbagai makanan ringan, asupan yang kurang sehat, seperti goreng-gorengan, dan makanan penuh lemak dan kolesterol tinggi, akan membuat berat tubuh kita bertambah dengan drastis. Solusi yang harus dilakukan ialah dengan melakukan diet seimbang.

Alasan Diet

Banyak alasan orang melakukan diet. Sebagian besar di antaranya karena masalah penampilan. Program diet seimbang ini biasanya dilakukan oleh wanita. Hal itu dikarenakan banyak wanita yang ingin terlihat ramping sehingga lebih percaya diri dan disukai banyak pria. Akan tetapi, pada pria pun tidak terlepas dari program diet. Hanya saja skalanya masih kecil.

Namun, sebagian lainnya menjalankan diet seimbang karena kesehatan atau penyakit. Ada beberapa jenis penyakit tertentu yang mengharuskan penderitanya melakukan diet guna kelancaran dan kemudahan proses penyembuhan.

Ada beberapa penyakit yang bersarang dalam tubuh yang mengharuskan penderita melakukan diet seimbang, salah satunya penyakit ginjal kronik. Penyakit ini akan berakibat pada sistem ginjal yang mengalami penurunan atau biasa disebut dengan gagal ginjal.

Penyebab dari datangnya penyakit tersebut kebanyakan disebabkan oleh pola makanan yang kurang terkontrol. Konsumsi kolesterol yang berlebihan menjadi "aktor utama" hinggapnya banyak penyakit dalam tubuh kita. Apabila tidak menjalani diet seimbang maka risiko yang sangat buruk yang tidak kita inginkan akan terjadi.

Lain halnya bagi mereka yang melakukan diet seimbang untuk kesehatan. Rata-rata mereka melakukan diet karena bobot tubuh yang terlalu gemuk serta khawatir kegemukannya akan menyebabkan gangguan pada organ tubuh.

Ada pula yang sudah memiliki tubuh yang bagus, namun tetap melakukan diet seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasanya tipe orang yang melakukan diet untuk kesehatan ini lebih sadar bahwa merawat dan menjaga lebih penting daripada mengobati.

Mereka sadar betul akan pentingnya investasi kesehatan dalam hal menjaga kesehatan tubuh dengan menjalankan program diet seimbang. Sadar pula akan aktivitas mereka yang memicu meningkatnya berat badan maka diet adalah salah satu solusinya.

Bagi pria yang melakukan diet seimbang, faktor yang menjadi alasannya tidak jauh berbeda dengan wanita. Membuat tubuh lebih indah, lebih sehat, dan bahkan menjadikan tubuhnya atletis merupakan alasan yang utama.

Diet Ekstrem Jauh dari Diet Seimbang

Banyak orang melakukan diet secara ketat, dengan sangat ekstrem. Itu sama saja akan menghilangkan program diet seimbang. Rata-rata mereka tidak makan nasi secara tiba-tiba dengan harapan bobot tubuh mereka bisa segera turun dengan cepat. Banyak pula yang menghilangkan jam makan tertentu dengan harapan yang sama yakni bobot tubuh cepat turun karena tidak ada asupan makanan. Biasanya jam makan malam atau sarapan yang dihilangkan.

Rata-rata orang yang melakukan diet ekstrem hanya makan satu kali dalam satu hari. Mereka lebih banyak mengonsumsi multivitamin agar tubuhnya tetap fit. Padahal, multivitamin hanyalah ekstrak saja, kandungan alami dari buah-buahan atau sayuran tidak kita dapatkan. Sesungguhnya, lebih baik mengonsumsi sayur dan buah segar dibanding mengonsumsi multivitamin dan itu akan memperlancar diet seimbang Anda.

Program diet yang ekstrem ini sangat tidak dianjurkan untuk memulai hidup sehat. Dikarenakan terlalu banyak risiko yang akan diterima oleh tubuh. Hal itu dilakukan karena kita sebagai manusia kerap menginginkan sesuatu yang serba instan. Melakukan banyak harapan tetapi tidak ingin melalui proses. Diet seperti ini tentu jauh dari diet seimbang yang pastinya sangat menyehatkan.

Diet seimbang mesti dilakukan bagi mereka yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ramping. Bukan dengan cara-cara ekstrem karena akan bisa merusak organ dalam tubuh. Organ dalam tubuh akan kaget jika diet ekstrem kita terapkan. Dietlah dengan perlahan agar tubuh bisa beradaptasi sehingga organ dalam tubuh tetap berfungsi dengan normal.

Tips Diet Seimbang

Bagi mereka yang menginginkan tubuh ramping, perlu disiplin menerapkan pola diet seimbang. Disiplin dalam arti teratur dan tepat dalam menjalankan program diet. Hal yang dimaksud tepat dalam menjalankan diet adalah pola makan dan pola istirahat/tidur.

Pola tidur terkadang sering diabaikan. Dalam program diet seimbang, tidak hanya pola makan saja yang diperhatikan, tetapi tidur pun harus selalu diperhatikan. Jika tidur terlalu malam akan menyebabkan keadaan perut menjadi lapar dan hal itu mendorong kita untuk mengisi perut. Tidur dalam kondisi perut yang masih kenyang akan dengan cepat menambah berat badan.

Diet seimbang bagi mereka yang ingin memiliki tubuh ramping, yakni tetap makan pada jam-jam makan dan jangan pernah menghilangkan salah satu jam makan. Jika salah satu jam makan dihilangkan, pada jam makan berikutnya nafsu makan akan lebih besar sehingga organ tubuh akan kaget dan mengalami gangguan.

Diet seimbang bukan berarti menghilangkan jam makan Anda. Makanlah seperti biasa, hanya saja atur porsinya saja. Kurangi porsi makan dari biasanya dan mulailah dengan makan buah-buahan terlebih dahulu sebelum makan berat atau makan nasi. Makan buah di awal akan membuat perut merasa kenyang sehingga porsi makan berat Anda akan berkurang.

Konsumsi air mineral minimal dua liter atau setara dengan delapan gelas per hari akan sangat membantu program diet seimbang. Perbanyak makan serat dibanding makan daging saat makan berat. Makanan yang kaya akan serat dapat membuat perut Anda terasa kenyang sehingga akan membuat nafsu makan menjadi terhenti. Makanan berserat biasanya memiliki kandungan lemak yang sedikit.

Ada banyak makanan berserat yang sangat dianjurkan untuk menjalani diet seimbang, di antaranya apel, labu kuning, buncis, stroberi, gandum, dan beras merah.

Untuk kebutuhan asupan protein, bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti tempe. Juga perbanyak minum jus buah dan sayur jika asupan makan nasi benar-benar dikurangi. Nutrisi dari jus merupakan asupan yang penting untuk melakukan diet seimbang.

Untuk pilihan menu, Anda bisa makan roti gandum dan jus. Selain itu, rajin mengonsumsi beras merah menjadi pilihan yang bagus. Kandungan serat dalam beras merah yang sangat tinggi akan sangat bermanfaat untuk tubuh dan program diet seimbang Anda. Sangat dianjurkan juga untuk mengonsumsi jus tomat, jus apel, jus jambu, jus wortel, atau jus sawi.

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebih. Apabila tidak bisa menahannya maka dipastikan program diet seimbang Anda akan berantakan. Jika pun Anda terpaksa mengonsumsinya karena tidak kuat menahan keinginan, cukup mengonsumsi sedikit saja, jangan dalam porsi yang normal. Sekadar mencicipi agar rasa penasaran tidak mengganggu pikiran Anda.

Makanan berlemak tinggi yang paling sering dijumpai, yakni gorengan. Gorengan yang biasa dijadikan cemilan sangat memicu kolesterol dalam tubuh meningkat. Makanan yang digoreng dalam waktu yang lama dan dengan suhu tinggi akan menambah kandungan lemak jenuh ikut meningkat. Banyak mengonsumsi goreng-gorengan akan menghapus pola diet seimbang dalam hidup Anda.

Dalam menjalankan diet seimbang, tidak hanya keinginan dan niat besar semata. Lebih penting lagi mampu menjalankannya dengan teratur dan benar.

Jika bisa menerapkannya, diet seimbang yang Anda lakukan bukan lagi merupakan aktivitas diet, melainkan menjadi gaya hidup sehat. Dan Anda sendiri yang akan menerima manfaatnya.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Posting Komentar untuk "Tips Menjalankan Diet Seimbang"