Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Spesifikasi Minimal PC untuk Instal Windows 11

Perusahaan perangkat lunak terbesar, Microsoft telah secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan me rilis Windows 11 pada 5 Oktober 2021 mendatang. Banyak pihak yang sudah tak sabar menantikan kehadiran versi terbaru dari sistem operasi yang paling banyak digunakan ini. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mencobanya, pastikan PC atau laptop anda memenuhi spesifikasi minimal untuk OS ini.

Spesifikasi Minimal Windows 11


Pembaharuan akan dirilis secara bertahap mulai 5 Oktober mendatang. Update ini bakal dirilis dari waktu ke waktu ke perangkat yang beredar di pasaran berdasarkan model kecerdasan. Selain itu, pembaharuan ini juga akan mempertimbangkan kelayakan perangkat keras, metrik keandalan, usia perangkat, dan faktor lain yang memengaruhi peningkatan pengalaman.

Microsoft menargetkan seluruh perangkat yang memenuhi syarat minimal akan ditawarkan pembaharuan pada pertengahan 2022. Para pengguna windows 10 akan mendapatkan notifikasi pembaharuan pada windows update saat semuanya sudah siap. Meskipun demikian, para pengguna juga dapat mengunduh dan memperbaharui Windows mereka secara manual, seperti halnya saat melakukan windows update.

Windows 11 akan diluncurkan pada oktober sebagai pembaharuan gratis untuk PC atau laptop yang memenuhi syarat minimal. Melalui blog resmi perusahaan, microsoft mengumumkan bahwa perangkat baru yang memenuhi syarat akan memperoleh update terlebih dahulu.

Spesifikasi Minimum Windows 11


Berikut ini spesifikasi minimal PC atau laptop untuk menginstal Windows 11:


  • Processor: 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada processor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC).

  • Memori: RAM 4GB

  • Penyimpanan: 64 GB atau lebih

  • Firmware: UEFI, Secure Boot Capable

  • Display: HD (720p) dengan ukuran layar lebih dari 9 inch (secara diagonal)

  • GPU: Grafis yang kompatibel dengan DirextX 12 / WDDM 2.x


Sebagai gambaran tentang rincian spek diatas untuk menjalankan windows 11 adalah
  1. Prosesor core i3 10100F
  2. Ram 4GB dual atau single chanel
  3. Hardisk atau SSD 128GB
  4. Ganti boot capable menjadi eufi
  5. Gunakan LCD bebas untuk pc, namun untuk laptop minimal lcd 9inc 720p
  6. Ganti atau gunakan vga 2GB yaitu GTX 750ti 2GB
Atau kamu bisa langsung cek fitur “Check for Compatibility” yang dapat digunakan untuk mengecek kompatibel tidaknya komputermu. Namun, fitur ini masih bertuliskan coming soon atau akan segera meluncur dalam waktu dekat.

Berikut adalah cara mengaktifkan TPM 2.0
  1. Restart komputer lalu pencet dan tahan F6 atau F2 atau DELETE (tergantung mobo)
  2. Setelah masuk ke menu bios pilih menu Security
  3. Pada menu ini ganti setelan intel platform trust technology dari disable menjadi enable
  4. Lalu klik save change and exit

Kehadiran Windows 11 ini memang sudah dinantikan para pengguna setia mereka. Terlebih, terdapat beberapa penyegaran seperti desain buar, menu start baru, hingga kinerja maksimal dengan teknologi seperti DirextX 12Ultimate, Direct Storage, dan Auto HDR, dan diisukan windows 11 ini nanti akan kompatibel dengan aplikasi atau game android tanpa harus mendownload emulator.

Kehadiran fitur-fitur baru ini tentu akan lebih menunjang segala aktivitas pengguna, mulai dari bekerja, bermain game, hingga melakukan editing berat. Sebagai contoh, ketika bermain permainan di W88 maka tampilan atau layout permainan akan terasa lebih smooth dan nyata. Hal semacam ini bisa membuat mereka yang biasa bermain di W88 Mobile beralih menggunakan versi desktop.

Post a Comment for "Ini Spesifikasi Minimal PC untuk Instal Windows 11"