Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Umum Merawat Laptop Yang Benar

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kata bijak yang satu ini bisa digunakan sebagai patokan dalam hal perawatan. Ini tidak hanya berlaku bagi kesehatan manusia, tetapi berlaku juga bagi barang-barang yang kita miliki. Begitu juga dengan Laptop, kalau kita merawatnya dengan baik, Insya Allah barang yang kita miliki akan awet.

10 Cara Merawat Laptop Yang Benar


Untuk merawat barang kesayangan kita sebenarnya tidak terlalu sulit dan memberatkan. Hal-hal sepele yang mungkin kita lupakan seperti mengelap secara rutin, menempatkan barang pada tempatnya dan hal-hal kecil lainnya kalau kita lakukan secara rutin ternyata berdampak sangat besar bagi keawetan barang yang kita miliki. Mungkin terlintas dipikiran kalian, apa yang tidak boleh dilakukan pada laptop?

Nah apa saja hal-hal sepele yang berpengaruh besar tersebut? Berikut penjelasnnya.

1. Jangan main game berat terlalu lama.

Main game memang mengasikkan, apalagi game yang lagi kita senangi. Rasa penasaran dan  ketagihan selalu muncul saat kita belum menyelesaikan secara tuntas. Inilah yang membuat permainan kita makin lama makin asyik. Tanpa kita sadari sebenarnya kita telah menyiksa laptop, bagaimana tidak kalau sudah sayik main game sepertinya 1 jam itu sangat singkat. Paling tidak kalau sudah ketagihan main game bisa sampai 5 jam. Jadi berapa lama istirahat untuk laptop? setidaknya istirahatkan laptop 30 - 60 menit.

Laptop yang hardwarenya sudah dikhususkan untuk game tentu tidak masalah, yang masalah adalah laptop yang kamu pakai sehari-hari umumnya hanya didesain untuk kebutuhan perkantoran atau perkuliahan saja. Sebaiknya kalau kamu adalah maniak  game, pilihlah laptop yang didesain khusus untuk gaming, mulai dari cpu, vga card, ram, kapasitas hardisk atau ssd.

2. Jauhkan minuman atau Benda Basah

Bekerja ditemani cemilan dan kopi atau minuman hangat memang menyenangkan. Tapi ingat, kalian tidak boleh meletakkan minuman atau cemilan yang berair atau basah. Takutnya nanti secara tidak sengaja menyenggol gelas minuman tsb dan tumpah di atas laptop, maka ini bisa jadi musibah, jadi jauhkan minuman atau makanan basah dari laptop. Sebaiknya menaruh laptop ditempat yang kering.

3. Jangan Bekerja di atas kasur

Bekerja di atas tempat tidur memang hal yang cukup menyenangkan. Selain suasananya tenang, kamu bisa langsung istirahat jika sudah merasa pegel dan capek.

Namun tahukah kalian kasur bisa membuat laptop menjadi cepat panas, meletakkan laptop diatas kasur akan menghambat sirkulasi udara pada laptop. Akibatnya laptop akan cepat panas, tentu hal ini mengakibatkan panas berlebih pada komponen-komponen di dalam laptop.

4. Usahakan tidak menaruh barang berat di atas laptop

Saat kalian tidak mengoperasikan laptop, biasanya menutup dan menaruh laptop di atas meja. Entah sadar atau tidak, barang seperti pulpen, kertas, handphone, buku atau barang-barang lain kita letakkan di atasnya. Kalau hanya satu-dua sih nggak apa-apa, tapi kadang kalau kita lupa bisa seabrek barang kita tumpuk di atas laptop.

Apa pengaruhnya? Tentu saja secara langsung tidak, namun kalau ini sudah menjadi kebiasaan dan terus-menerus, maka hal ini akan mempengaruhi layar monitor laptop, simpanlah benda-benda tsb pada tempatnya, jangan di atas laptop.

5. Jangan mengangkat /memindahkan laptop saat On

Dalam keadaan on, seluruh komponen laptop tentunya dalam keadaan beroperasi juga. Lalu apa pengaruhnya? tentu berhubungan dengan keawetan barang. Salah satu perangkat yang bekerja adalah hardisk, anda tahu dalam keadaan on cakram hardisk selalu berputar.

Perputaran hardisk menjadi tidak stabil dikarenakan goyangan laptop saat dipindahkan dari tempat satu ke tempat lain. Karena kemiringan sudut  akan mengganggu perputaran cakram hardisk. Ini bisa mengakibatkan goresan pada cakram hardisk.

6. Bersihkan layar dengan rutin

Partikel-partikel kecil disekitar kita yang beterbangan adakalanya menempel pada tubuh kita. Itulah makanya kita dianjurkan mandi dua kali sehari guna membersihkannya diri.

Lalu bagaimana dengan laptop, tentunya setiap saat debu-debu disekitar kita akan menempel juga bukan? Utamanya pada layar, debu ini secara rutin harus kita bersihkan, minimal satu minggu satu sekali.

7. Selalu memasang baterai

Kenapa baterai harus selalu dipasang? Ini untuk menghindari komputer mati mendadak ketika aliran listrik di rumah kita tiba-tiba padam. Dengan adanya baterai, maka kamu bisa mematikan laptop secara benar sesuai prosedur.
Disamping itu fungsi baterai adalah untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk kedalam laptop.

8. Menjaga Suhu Laptop

Semua perangkat elektronik yang menggunakan listrik pasti akan menghasilkan panas jika dalam keadaan on, pemakaian laptop terus menerus dengan waktu yang lama akan membuat suhu semakin tinggi. Tingginya suhu jika tidak dikendalikan akan mengakibat laptop overheat bahkan rusak.

Oleh karena itu diperlukan pendinginan secara berkala, tentu ini sangat berguna bagi kamu yang terbiasa bekerja atau menggunakan laptop selama berjam-jam, hal ini akan membantu memperpanjang umur sebuah laptop. Beristirahatlah setiap 3 jam, agar kesehatanmu dan laptopmu terjamin.

Untuk menjaga suhu tetap dingin, anda juga bisa menggunakan cooling pad, mulai dari harga Rp. 50.000 hingga 100 ribuan,- biasanya dijual di toko komputer.

9. Tidak menutup langsung LCD laptop setelah bekerja.

Suhu laptop setelah digunakan bekerja masih agak tinggi. Dalam keadaan ini tidak disarankan langsung menutup layar  LCD-nya. jika langsung ditutup suhu tinggi yang keluar dari hardware laptop ini akan memuai dan memperburuk kinerja LCD, usahakan tahan beberapa menit, ketika laptop sudah mulai dingin, layar LCD bisa kalian tutup dan dimasukkan pada tas laptop kembali.

10. Matikan Laptop Sesuai Aturan

Ada yang mengatakan begini “aturan dibuat itu untuk dilanggar”. Ini mungkin kata-kata yang menyesatkan. Yang benar adalah aturan dibuat adalah untuk mengatur norma-norma kehidupan agar berjalan secara normal dan baik.

Mematikan laptop sesuai  aturan berguna untuk menjaga agar system operasi atau software  pada laptop tidak cepat rusak, contohnya begini, saat ini kamu sedang mengerjakan sebuah dokumen di Microsoft word, tapi karena waktu mepet mengharuskanmu harus buru-buru pergi, maka laptop langsung kamu matikan. Ingat, masih ada dokumen yang masih terbuka.

Logikanya, ketika kamu menulis sebuah buku, belum kamu tutup dan langsung menumpuknya di meja lalu ditinggalkan begitu  saja. Tidak lama ada orang lain yang tidak sengaja menumpuknya dengan benda lain. Atau bahkan cicak menjatuhkan kotorannya tepat di atas buku tadi. Tentunya akan kotor bukan?
Begitu juga dengan komputer, ibaratnya seperti itu, dan kejadian itu berulang-ulang, maka secara perlahan kinerja laptop jadi menurun.

Itulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan, hal yang tidak memberatkan, namun sangat berdampak pada keawetan sebuah laptop. Kesepuluh tips di atas kalau dikerjakan secara rutin, niscaya menjadi budaya yang berdampak sangat positip untuk kalian.

Akhirnya, semoga artikel ini memiliki manfaat untuk para pengguna laptop. Baik itu gamer, desainer ataupun overclocker ditanah air.

Post a Comment for "10 Cara Umum Merawat Laptop Yang Benar"